Tentang Kami

  • Visi, Misi, dan Tujuan

Visi, Misi, dan Tujuan Bidang Sumber Daya Manusia adalah sesuai dengan Visi, Misi, dan Tujuan Universitas Airlangga, sedangkan Sasaran dan Strategi Pencapaiannya disesuaikan dengan ruang lingkup kegiatan di Direktorat Sumber Daya Manusia.

  • Sasaran Direktorat Sumber Daya Manusia

Direktorat merupakan unsur penunjang Universitas yang bertugas membantu pimpinan Universitas dalam melaksanakan manajemen penyelenggaraan administrasi umum dan kegiatan akademik Universitas. Direktorat Sumber Daya Manusia merupakan unsur penunjang yang menyelenggarakan perencanaan, pengembangan, pembinaan, pengelolaan, dan pelayanan administrasi di bidang Sumber Daya Manusia. Lingkup pengelolaan Sumber Daya adalah Sumbar Daya Manusia (SDM) yang meliputi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta Sumber Daya Fisik yang meliputi sarana dan prasarana fisik yang dibutuhkan oleh semua unsur di Universitas Airlangga. Secara umum program kerja Direktorat Sumber Daya Manusia tahun 2015 antara lain:

  1. Pengembangan sistem rekruitmen staf secara transparan berdasar kebutuhan dan kompetensi (dengan meningkatkan jumlah guru besar dan tenaga kependidikan).
  2. Pengembangan kualifikasi staf akademik melalui degree dan non-degree training (dengan meningkatkan jumlah dosen yang telah menempuh S3).
  3. Pengembangan profesionalisme staf akademik melalui sertifikasi dosen (dengan meningkatkan jumlah dosen yang lulus Sertifikasi Pendidik).
  4. Pengembangan staf kependidikan melalui degree dan non-degree training (dengan memberikan beasiswa dan pelatihan).
  5. Pengembangan keahlian staf kependidikan melalui sertifikasi keahlian (dengan memberikan kesempatan pelatihan keahlian internal dan external).
  6. Penerapan sistem remunerasi berbasis kinerja (implementasi IPK dan IKD UNAIR).
  7. Optimalisasi sistem manajemen berbasis kinerja menggunakan sistem dan teknologi informasi.
  8. Pengembangan fasilitas akademik untuk memenuhi standar pendidikan nasional atau internasional (dengan pengukuran standar internasional pada kriteria workforce focus).
  9. Pengembangan integrated campus yang berwawasan lingkungan guna menunjang pembelajaran dan berkecakapan hidup.
  10. Penguatan Sumber daya riset, meliputi infrastruktur dan fasilitas riset sesuai standar kualitas.
  11. Peningkatan resources sharing antar unit kerja di lingkungan Universitas Airlangga.
  12. Optimalisasi sistem manajemen aset berbasis sistem dan teknologi informasi.
  • Strategi Pencapaian

Untuk mencapai target sasaran di atas, Direktorat Sumber Daya Manusia telah melakukan beberapa strategi, sebagai berikut:

  1. Dalam rangka meningkatkan jumlah guru besar di lingkungan Universitas Airlangga, Direktorat Sumber Daya Manusia mendorong dosen-dosen yang sudah memenuhi syarat, untuk segera mengajukan jabatan fungsional guru besar. Direktorat Sumber Daya Manusia telah mengajukan usulan guru besar dan tercapai sebanyak 172
  2. Untuk meningkatkan jumlah dosen yang lulus S3, Direktorat Sumber Daya Manusia telah memproses setiap usulan tugas belajar tanpa kecuali, baik untuk studi di dalam negeri maupun luar negeri. Sebagian besar studi lanjut didanai beasiswa dari berbagai sumber sehingga telah tercapai 465 orang Doktor.
  3. Untuk meningkatkan jumlah dosen yang Lulus Sertifikasi Pendidik dilakukan dengan cara melaklukan training tata cara mengisi portofolio online untuk keperluan uji sertifikasi, serta training tes TOEFL dan tes TPA. Kegiatan ini dilakukan oleh LP3
  4. Untuk meningkatkan tenaga kependidikan ber-sertifikat dilakukan dengan cara mengirim yang bersangkutan untuk mengikuti studi lanjut ke berbagai perguruan tinggi serta mengikutkan mereka ke berbagai kursus keahlian ber-
  5. Peningkatan keahlian untuk bidang-bidang tertentu dilakukan dengan mengadakan berbagai pelatihan yang dirancang khusus untuk keperluan tersebut yang materinya diisi oleh para ahli yang berkompeten.
  6. Pengukuran standar internasional dilakukan dengan menggandeng lembaga-lembaga standardisasi internasional, seperti Malcom Baldridge, ISO 9000, QS, dan lain-lain.