Tata Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) hampir sama dengan cara pendaftaran CPNS pada instasi pemerintahan lain. Hal yang membedakan adalah di samping mendaftar secara daring, pelamar juga dimohon mengirim berkas melalui pos. Berikut adalah tata cara pendaftaran daring CPNS 2017.

 Tahap 1, Pendaftaran di Portal SSCN

  1. Untuk melakukan pendaftaran CPNS online di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, pelamar harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan username dan password serta konfirmasi melalui alamat surel (e-mail) pada Portal Nasional CPNS 2017 di alamat https://sscn.bkn.go.id.
  2. Pastikan instansi yang dipilih adalah di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
  3. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 11 September 2017 dan ditutup tanggal 25 September 2017.

Tahap 2, Pendaftaran di website CPNS Kemristekdikti

  1. Pelamar melakukan login dengan username dan password yang diperoleh pada tahap 1 untuk melanjutkan pendaftaran di laman http://cpns.ristekdikti.go.id untuk memperoleh Formulir Registrasi CPNS Online dengan melengkapi seluruh data yang dibutuhkan.
  2. Pendaftaran di laman CPNS Kemristekdikti dapat dilakukan mulai tanggal 11 September 2017 sampai dengan 25 September 2017.
  3. Setelah menyelesaikan pengisian data yang dibutuhkan, pelamar mencetak Formulir Registrasi CPNS Online.

Tahap 3, Pengiriman Berkas Lamaran

Pelamar menyampaikan berkas lamaran dengan melampirkan :

  1. Surat lamaran yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000,00 yang ditujukan kepada Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi c.q. Sekretaris Jenderal.
  2. Pas Photo ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang warna merah (ditulis nama dan formasi di belakang).
  3. Fotokopi KTP yang masih berlaku.
  4. Asli hasil cetakan (print-out) bukti registrasi pendaftaran online yang telah ditandatangani pelamar.
  5. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  6. Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah yang dikeluarkan oleh Kemristekdikti atau Pejabat yang berwenang pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (khusus bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri).
  7. Surat akta kelahiran pelamar, fotokopi KTP bapak (ayah kandung) dan surat keterangan hubungan keluarga dari Kelurahan atau Desa. (Khusus Pelamar Putra Putri Papua dan Papua Barat yang tidak menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas di wilayah Papua dan/atau Papua Barat)Untuk pelamar yang menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas di wilayah Papua dan/atau Papua Barat harus melampirkan Ijazah Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas.

 Catatan:

 Surat keterangan lulus/ijazah sementara tidak dapat digunakan untuk Melamar

Berkas lamaran sebagaimana dimaksud pada angka 1, dimasukkan dalam map dengan warna pembeda:

  1. warna kuning untuk pelamar D3.
  2. warna hijau untuk pelamar DIV dan S1.
  3. warna merah untuk pelamar S2
  4. warna biru untuk pelamar S3
  1. Pengiriman berkas lamaran:
    1. Dosen dan Instruktur Ahli Pertama, berkas lamaran disampaikan ke Pimpinan PTN yang dituju.
    2. Widyaiswara, berkas lamaran disampaikan ke Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan.
    3. Auditor, berkas lamaran disampaikan ke Inspektur Jenderal.
  2. Berkas lamaran hanya dapat dikirim melalui PO BOX unit kerja yang dilamar paling lambat tanggal 25 September 2017 Cap Pos, dan selambat-lambatnya diterima pada tanggal 28 September 2017. Pengiriman tanpa melalui PO BOX tidak akan dilayani. Alamat PO BOX Universitas Airlangga PO BOX DITSDM SB 60000.

sumber: https://sscn.bkn.go.id/pengumuman_pendaftaran2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *