Dalam mengelola sumber daya manusia, tentu diperlukan mekanisme dan sistem yang baik sehingga SDM yang ada dapat dimaksimalkan potensinya, tentu saja hal ini akan berdampak pada kenyamanan dan produktivitas pegawai. Kali ini Direktorat SDM Unair menyelenggarakan Pelatihan Penata Usaha Pimpinan secara daring. Pelatihan dan sertifikasi ini menjadi sangat penting karena sekretaris atau penata usaha pimpinan memiliki peranan yang strategis sebagai tangan kanan pimpinan yang bersangkutan maupun unit kerjanya.

Pelatihan dan sertifikasi ini bekerja sama dengan Magnet Solusi Integra dan Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Perkantoran Nusantara. Acara ini dilaksanakan dalam 2 Batch, Batch pertama dilaksanakan pada 31 Juli-2 Agustus 2021 dan tes asesmen pada 4 Agustus 2021, sedangkan Batch kedua dilaksanakan pada 7-9 Agustus 2021 dan tes asesmen pada 11 Agustus 2021. Acara tersebut diikuti oleh 54 Sekretaris Pimpinan di lingkungan Universitas Airlangga.

Sejumlah Sekretaris Pimpinan dilatih untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam melaksanakan tanggung jawabnya. Beberapa kompetensi yang diajarkan di antaranya adalah menciptakan dokumen/lembar kerja sederhana, mengelola jadwal pimpinan, melakukan komunikasi lisan dengan kolega, penggunaan peralatan dan sumber daya kerja, mencatat dikte, dll sesuai dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) bidang administrasi perkantoran. Pelatihan tersebut harus diikuti dengan sungguh-sungguh karena pada akhir rangkaian agenda selama 3 hari itu terdapat tes asesmen untuk menguji kelayakan peserta dalam mendapatkan sertifikat kompetensi kompetensi BNSP bidang kesekretariatan/penata usaha pimpinan.

Acara tersebut berjalan lancar dan diikuti dengan khidmat oleh para peserta. Pada akhir pelatihan, MSI mengumumkan 4 peserta terbaik dari masing-masing Batch yang tentunya akan menambah semangat peserta dalam menghadapi tes asesmen. Adapun peserta terbaik dari masing-masing batch, yaitu:

Batch 1:
Niken Cahyani
Pratiti Swesti Komala Dewi
Aditya Gita
Rini Suprapti

Batch 2:
Novita Sandra Usman
Alifian Sukma
Hendra Hardi Nartomo
Anindya Parama Frihanggrahita
Muhammad Ar Rozzaaq Nugraha
Winda Kusumawardhani

Proses demi proses dilalui, beberapa minggu kemudian asesor mengumumkan 52 Penata Usaha Pimpinan yang dinyatakan lulus kompetensi/kompeten. Terselenggaranya pelatihan dan sertifikasi ini diharapkan para penata usaha pimpinan dapat meningkatkan kemampuannya dalam bidang-bidang yang diajarkan sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dan hebat.