Vaksinasi sebagai salah satu metode mengatasi pandemi adalah upaya yang harus dikuatkan demi mencapai tujuan utama yaitu kekebalan komunitas atau herd immunity. Seperti yang telah dirilis Kementerian Kesehatan bahwa Kekebalan komunitas ini adalah kondisi dimana sebagian besar populasi akan menjadi imun atau kebal dari terpapar penyakit menular. Dan kondisi ini secara tidak langsung atau memberi herd effect kepada yang tidak imun.

Antrian peserta vaksinasi dosen dan tendik Unair di RSUD dr. Soetomo


Pada tanggal 16 dan 18 Maret 2021, sejumlah dosen dan tenaga kependidikan (tendik) di Lingkungan Universitas Airangga telah melakukan vaksinasi Covid-19 di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Vaksinasi dilakukan melalui kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jatim, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, RSUD dr. Soetomo, dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya.


Dikutip dari unair.news.ac.id, Universitas Airlangga menjadi salah satu lembaga pendidikan di surabaya yang mendapat perhatian vaksinasi dari pemerintah. Meskipun belum dapat dikatakan menyeluruh, sejumlah dosen, tenaga kependidikan, maupun lansia pegawai UNAIR telah dilakukan vaksinasi.


Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) UNAIR Endang Dewi Masithah, menyampaikan, ketersediaan vaksin menjadi salah satu faktor belum menyeluruhnya vaksinasi dilakukan kepada seluruh staf. kita berusaha agar di vaksinasi tahap berikutnya seluruh pegawai UNAIR mendapatkan vaksin Covid-19. Hanya untuk saat ini masih menunggu ketersediaan vaksin.


Penyuntikan vaksin Covid-19 bagi dosen dan tendik ini diharapkan bisa memberikan solusi di dunia pendidikan dengan harapan pembelajaran tatap muka bisa kembali dilakukan pada semester depan.
“Pemerintah mengharapkan akhir Juni 2021, vaksinasi untuk sekitar lima juta tenaga pendidik dan kependidikan selesai terlaksana. Sehingga pembelajaran tatap muka semester depan mudah-mudahan dapat terlaksana,”ujar Endang Dewi Masithah.

Categories: Berita