Analisis Jabatan merupakan suatu program yang digagas oleh SDM Unair guna memetakan jabatan yang nantinya bertujuan untuk mengetahui formasi jabatan para tendik dan kebutuhan jabatan pada unit tersebut, analisis jabatan sangat penting agar suatu instansi mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan untuk jabatan tertentu pada suatu unit.


Direktorat SDM Universitas Airlangga sejak bulan Maret silam telah mensosialisakan terkait teknis mengenai pembuatan analisis jabatan kepada semua unit kerja di lingkungan Univeritas Airlangga. proses penyusunan analisis jabatan sendiri telah dimulai sejak bulan Juli melalui platform daring.


Kendala di lapangan menunjukkan bahwa pemetaan jabatan yang kurang lengkap berdampak pada kenaikan pangkat jabatan fungsional di beberapa unit kerja. Proses analisis jabatan diharapkan tuntas di tahun ini dan dapat dikirimkan ke Kemendikbud-Ristek untuk ditinjau. Penyusunan analisis jabatan juga diproyeksikan untuk 5 tahun kedepan dengan daftar kebutuhan lengkap posisi jabatan yang diperlukan.


Analisis jabatan dilanjutkan lagi pada 29 September-29 Oktober 2021 secara luring di Ruang Sidang Subdit Kepegawaian dan Ruang Sidang Direktur SDM. Penyusunan Anjab hingga hari ini telah dilakukan oleh 22 unit dari total 54 unit dan ditargetkan rampung pada Akhir Oktober. Sejauh ini, berjalan lancar dan diikuti dengan baik oleh para peserta dengan dipandu oleh tim review.


Peserta program ini merupakan tim penyusun dari masing-masing unit yang terdiri dari Kabag, Kasubag, dll, program ini juga membahas beberapa hal lain di antaranya analisis beban kerja dan analisis peta kerja.