MySAPK adalah platform digital yang diciptakan oleh Badan Kepegawaian Negara. Seluruh ASN di lingkungan Universitas Airlangga Wajb melakukan pemutakhiran data dan riwayat pribadi melalui aplikasi MySAPK. Tujuan dari pemutakhiran data ini adalah untuk memperoleh data ASN yang akurat, terkini, terintegrasi, dan terwujudnya satu data ASN.


Oleh karena itu Direktorat SDM Unair menyelenggarakan acara “Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengisian Data Melalui MySapk” secara daring pada tanggal 2-3 September 2021 bagi seluruh ASN di lingkunan Universitas Airlangga. Tak usai sampai disitu saja, Direktorat SDM kembali mengadakan bimbingan teknis khusus untuk pemroses kepegawaian di seluruh Unair pada 7 September 2021. Tentunya serangkaian agenda terkait mekanisme pemutakhiran data pada MySAPK ini diikutii oleh 2000 lebih ASN di lingkungan Universitas Airlangga dan tim pemroses masing-masing unit.


Pengisian MySAPK dimulai sejak tanggal 12 Juli 2021 dan akan berakhir pada 31 Oktober 2021. ”Hingga hari ini ditemui beberapa kendala di lapangan masih ada beberapa ASN yang belum lengkap mengisi dan akan dibantu oleh tim dari Kepegawaian” ujar Pak Hendro ketika ditemui di ruangan kerjanya (6/10).


Pemutakhiran Data Mandiri ASN melalui MySAPK baru kali ini dilakukan, maka dari itu butuh banyak penyesuaian sehingga Direktorat SDM menyelenggarakan program ini beberapa kali. Harapannya program ini dapat membantu para ASN dalam pengisian data mandiri secara tepat waktu. Keterlambatan pengisian data MySAPK dapat berakibat tidak diprosesnya status kepegawaian yang bersangkutan.