Direktorat Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga menyelenggarakan acara Sosialisasi Penyegaran dan Persepsi Penilaian Angka Kredit Jabatan Akademik Dosen dengan tujuan menyamakan persepsi terkait penilaian angka kredit dosen sekaligus dalam rangka mendukung kebijakan terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Acara Penyegaran dan Persepsi Penilaian Angka Kredit Jabatan Akademik Dosen Tahun 2021 diadakan pada hari Rabu, 21 April 2021 di Ruang 301 Gedung Kahuripan Universitas Airlangga secara blended yang juga diikuti peserta melalui Zoom Meeting. Acara ini dihadiri oleh Direktur Sumber Daya Kemendikbud, Senat Akademik, Wakil Rektor, Tim Penilai Jabatan Akademik Dosen (TPJAD), perwakilan dari tim PAK Pusat, serta perwakilan dari tim PAK fakultas dan universitas. Acara diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Dr. Muhammad Madyan, SE., M.Si., M.Fin.

Dalam kesempatan membuka acara, Muhammad Madyan menyampaikan acara yang diselengarakan pada hari ini adalah bentuk solusi dari evaluasi nilai angka kredit yang terdapat jarak yang begitu besar di tahun sebelumnya, oleh sebab itu diharapkan dengan adanya perwakilan dari tim PAK Pusat dapat memberikan wejangan dan pemahaman terkait Penyegaran dan Penyamaan Persepsi Kebijakan Baru Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Jabatan Akademik Dosen.

Selanjutnya pada sesi materi, Direktur Sumber Daya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Mohammad Sofwan Effendi. M.Ed, menyampaikan materi Strategi Peningkatan Layanan Jabatan Fungsional dalam Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Beliau memaparkan bahwa dalam kebijakan MBKM terdapat kompetensi tambahan bagi dosen untuk melakukan pembelajaran di luar ruang kelas perkuliahan.

Sementara itu pada materi kedua, Diisi Prof. Dra. Indah Susilowati, M.Sc., Ph.D, selaku perwakilan dari tim PAK Pusat yang juga menjadi Reviewer PAK. Dosen Universitas Diponegoro tersebut menyoroti tentang Strategi Penilaian Angka Kredit Jabatan Akademik Dosen.

Seusai materi tersebut, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi antara pemateri dan peserta mengenai Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit jabatan akademik dosen. Kemudian dilanjutan dengan penyerahan cindera mata kepada seluruh pemateri.

Categories: Berita