Direktorat SDM Terima Kunjungan UNP untuk Bahas SOP PAK

Universitas Airlangga (UNAIR) terima kunjungan dari Universitas Negeri Padang (UNP). Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada 9 Januari 2020 ini, Universitas Negeri Padang menemui Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai penanggung jawab PAK di UNAIR.

Pada kunjungan ini, Universitas Negeri Padang bertujuan untuk berdiskusi mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) kenaikan jabatan/pangkat dosen. Dalam kunjungan hari ini, Universitas Negeri Padang ditemui langsung dengan Purnawan Basundoro selaku Direktur SDM dan Widji Soeratri selaku penanggung jawab monitoring dan evalusi sertifikasi dosen UNAIR. Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini terdiri dari acara perkenalan dan langsung dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dipilihnya UNAIR sebagai salah satu tujuan kunjungan TIM PAK UNP berkaitan dengan keberhasilan TIM PAK UNAIR dalam mengawal dosen di tahun 2019 kemarin.

“Kami iri dengan pengajuan guru besar UNAIR tahun 2019 yang mencapai angka keberhasilan tinggi, yaitu sejumlah 34 orang (21 orang telah dikukuhkan dan lainnya menunggu SK). Kami juga ingin tahu mengenai Tim Percepatan guru besar UNAIR agar dapat mengikuti jejaknya.” ungkap salah satu TIM PAK UNP.

Dalam kunjungan ini, selain menjelaskan proses kerja tim PAK UNAIR, Widji Soeratri juga memberi saran terkait dengan Penilaian Angka Kredit (PAK). Dalam paparannya, beliau menceritakan tentang strategi terkait Penilaian Angka Kredit (PAK).

“Saya memberikan kelas untuk dosen terkait dengan PAK. Kelas tersebut rutin diselenggarakan di UNAIR.” tutur Widji Soeratri.

Selain kelas tersebut, adanya buku pedoman PAK yang disusun oleh UNAIR juga dinilai membawa manfaat positif untuk kelancaran proses PAK. Terakhir, Widji Soeratri mengungkapkan bahwa acara diskusi PAK ini memang berdampak positif.

“Tim PAK harus belajar dengan benar agar tahu perkembangan terkini. Selanjutnya, kita dapat sama-sama mengetahui kesalahan yang sering terjadi sehingga tidak ada lagi yang tidak memenuhi kualifikasi.” pungkas beliau.