Direktorat SDM Kembali Selenggarakan Training Masa Persiapan Purnabakti

Direktorat Sumber Daya Manusia kembali selenggarakan pelatihan bagi para tenaga pendidikan (tendik) yang akan memasuki masa purnabakti. Pelatihan tendik menuju masa pernabakti ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal 21-23 Februari 2020 di Semarang. Pelatihan diikuti sejumlah 33 Tendik yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2021 atau 2022 mendatang. Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya memberikan motivasi dan semangat berkarya, serta memberikan bekal keterampilan yang dapat digunakan bagi para tendik dalam mengisi waktu luang selepas pensiun.

Acara ini dibuka langsung oleh Purnawan Basundoro selaku Direktur Sumber Daya Manusia. Pada sambutannya, beliau mengungkapkan ucapan terima kasih kepada para Tendik yang telah mengabdi pada universitas. Selain itu, beliau juga berharap semangat ini akan terus terjaga hingga masa bakti para Tendik berakhir.

“Satu tahun sebelum purnabakti, UNAIR mempersiapkan kegiatan ini untuk para pegawai yang akan pensiun. Harapan kita, setelah pegawai UNAIR memasuki masa pensiun, Bapak Ibu tetap sehat. Oleh karena itu, kegiatan ini perlu diselenggarakan agar Bapak Ibu dapat mengetahui cara merawat diri sendiri setelah pensiun.” tutur beliau.

Pelatihan yang mengusung tema Pelatihan Persiapan Menghadapi Masa Purnabakti ini menitikberatkan pada empat aspek, yaitu aspek finansial, sosial, psikologis, dan kesehatan. Hal ini didasari pertimbangan kebutuhan para tendik saat meninggalkan rutinitas bekerja yang telah dijalani selama bertahun-tahun. Melalui kegiatan ini, para tendik yang akan menghadapi masa purnabakti diharapkan dapat mengelola pikiran sehingga dapat menjalankan aktivitas setelah pensiun dengan baik.

Untuk memberi fasilitas pada pegawai pensiunan, UNAIR memberi wadah yang dapat digunakan sebagai sarana pengembangan diri. Wadah tersebut bernama PKPB.

“Organisasi untuk pesiunan, PKPB UNAIR, mempunyai kegiatan yang positif. Hampir tiap hari ada kegiatan. Baru-baru ini, organisasi tersebut memberi santunan kepada korban banjir di Bondowoso.” terang Purnawan.

Bekerja sama dengan ESQ Leadership Center sebagaiĀ event organizer, kegiatan diisi dengan pelatihan hidup bijaksana, manajemen hidup sehat masa pensiun, manajemen keuangan pensiun, serta mengenal peluang bisnis dan wirausaha di masa pensiun. Kegiatan pelatihan menuju masa purnabakti ini juga berwujud kegiatan lapangan yang dilakukan dengan mengunjungi wirausaha Tahu Baxo Bu Pudji dan Agromart. Kunjungan langsung ini dimaksudkan selain agar para tendik mendapatkan ilmu secara langsung dari ahlinya, dapat juga digunakan sebagai sarana rekreasional yang bermanfaat bagi para tendik dalam memasuki masa hari tua.

Dalam sambutannya, Direktur SDM UNAIR mengungkapkan bahwa training persiapan masa purnabakti ini merupakan upaya Direktorat SDM untuk menyiapkan mental para pegawai yang akan pensiun. Melalui pelatihan ini para pegawai diharapkan dapat mengelola fisik dan pikiran menjelang masa purnabakti. Selain untuk persiapan masa purnabakti, Purnawan Basundoro juga mengharapkan kegiatan kemarin juga dapat membawa kebahagiaan bagi para peserta.

“Saya berharap, selama tiga hari ini Bapak Ibu bisa menikmati kegiatan ini dengan gembira, senyum yang gembira.” pungkas beliau.