Direktorat SDM Adakan Rapat Koordinasi Pimpinan Unit Kerja terkait Pencegahan Virus COVID-19

Direktorat SDM gelar rapat koordinasi terkait pencegahan wabah virus Corona atau COVID-19 pada 3 Maret lalu di Ruang Sidang Pleno Kantor Manajemen. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh wakil rektor dan para wakil dekan bidang II , serta direktur dan wakil direktur keuangan dan sumber daya manusia Rumah Sakit Universitas Airlangga.

Madyan selaku Wakil Rektor II menjelaskan beberapa usulan kebijakan yang akan ditetapkan terkait pencegahan virus, utamanya di lingkungan Universitas Airlangga. Kebijakan yang akan diambil ini berkaitan dengan kegiatan berskala internasional yang biasa diikuti atau digelar oleh sivitas akademika UNAIR, seperti studi lanjut, student exchange, staff outbond, international conference, dan lain-lain.

Dalam kesempatan ini pula, Djoko Agus Purwanto sebagai perwakilan dari RS UNAIR menjelaskan bentuk penanganan yang akan dilakukan dalam mendeteksi hingga merawat sivitas akademika atau tamu yang baru datang dari luar negeri. Bekerja sama dengan Lembaga Penyakit Tropis (LPT) UNAIR, Djoko menerangkan akan berupaya maksimal dalam mencegah penyebaran virus Corona.

“Kami mengharapkan informasi yang jelas mengenai waktu kedatangan sivitas akademika atau tamu yang datang dari luar negeri agar dapat kami jemput di bandara dan langsung dibawa ke LPT. Di sana kami akan mendeteksi dan melakukan karantina sesuai prosedur yang ada,” tegasnya.

Tak hanya itu, para wakil dekan II juga menyampaikan kondisi terkini beberapa program berskala internasional yang akan digelar atau diikuti oleh sivitas akademika masing-masing fakultas. Beberapa usulan juga diungkapkan oleh para wakil dekan II untuk menyempurnakan kebijakan yang akan segera diputuskan oleh rektor ini.

Pada akhir rapat, Purnawan menutup pertemuan dengan pesan kepada pimpinan unit kerja yang juga dimaksudkan agar menjadi imbauan ke seluruh sivitas akademika.

“Sebagai akademisi, kita tidak boleh ikut panik dan heboh atas pemberitaan yang ada. Kita harus menjaga situasi publik tetap tenang dan terkendali. Dan tentu saja, selalu jaga kesehatan dan kebersihan bersama,” tutupnya.

Selanjutnya, kebijakan UNAIR terkait pencegahan penyebaran virus Corona akan disampaikan kepada sivitas akademika secara menyeluruh.