PIPS Terus Lakukan Inovasi Pembelajaran

Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Unair berganti nama menjadi Pusat Inovasi Pembelajaran dan Sertifikasi (PIPS). Perubahan ini tidak terlepas dari tujuan utama badan ini yaitu selalu menghadirkan inovasi pembelajaran. Beberapa program yang menjadi fokus PIPS adalah pembelajaran berbasis e-learning, pembuatan strategi dan pendekatan pembelajaran, serta melakukan kolaborasi dengan unit-unit pendukung akademik di luar negeri.

Pelatihan e-learning sebenarnya merupakan program yang dirintis sejak 2008, namun sejak tahun 2017, e-learning menjadi fokus utama badan ini. Jika sebelumnya pelatihan e-learning hanya diadakan setahun sekali, sekarang pelatihan tersebut dilakukan setahun enam kali. Pelatihan e-learning saat ini memang masih difokuskan untuk dosen, namun program ini sedang dalam proses pengembangan agar dapat mengikutsertakan mahasiswa. Pengembangan ini terus dilakukan agar perkuliahan berbasis e-learning di Unair dapat segera berjalan dengan maksimal.

Selain e-learning, PIPS juga memiliki program lain yang sudah berjalan aktif, yaitu Applied Approarch (AA) dan PEKERTI yang merupakan salah satu syarat agar dosen dapat mengajukan kenaikan pangkat. Tak hanya itu, PIPS juga memiliki program pelatihan untuk Dosen Magang (Dosma). Dosen-dosen magang yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia ini kemudian akan diberi pelatihan e-learning agar program tersebut juga dapat dijalankan di Universitas asal Dosma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *