Permohonan Cuti

Surat Keputusan Pemberian Cuti bagi PNS merupakan suatu bentuk kepedulian Pemerintah kepada PNS yang telah secara terus menerus melaksanakan tugasnya sekurang-kurangnya satu tahun. Cuti juga merupakan hak dari setiap PNS kecuali Cuti di luar tanggungan Negara. Oleh karena demikian dalam pemberian cuti kepada PNS harus tetap memperhatikan kebutuhan Universitas Airlangga. Hal ini bertujuan untuk menghindari terhambatnya pelayanan kepada pegawai di Universitas Airlangga dan tetap terjaminnya kelancaran pekerjaan. Peraturan tentang cuti PNS diatur dalam Peraturan Pemerintah RI No 24 Tahun 1976. Cuti terdiri dari beberapa jenis yakni:

  1. Cuti Tahunan, salah satu hak PNS adalah cuti tahunan. Cuti tahunan hanya boleh diambil oleh seorang PNS bekerja sekurang-kurangnya  1 (satu) tahun secara terus menerus. Lamanya cuti tahunan adalah 12 (dua belas) hari kerja. Formulir permintaan cuti tahunan dapat diunduh disini.
  2. Cuti Besar, PNS yang telah bekerja sekurang-kurangnya 6 (enam) tahun secara terus menerus berhak atas cuti besar yang lamanya 3 (tiga) bulan. Cuti besar dapat digunakan oleh Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan untuk memenuhi kewajiban agama, umpamanya menunaikan ibadah haji. Formulir permintaan Cuti Besar dapat diunduh disini.
  3. Cuti Sakit, PNS yang sakit lebih dari 2 (dua) hari sampai dengan 14 (empat belas) hari berhak atas cuti sakit, dengan ketentuan bahwa PNS yang bersangkutan harus mengajukan permintaan secara tertulis kepada pejabat yang berwenang memberikan cuti dengan melampirkan surat keterangan dokter. Formulir permintaan Cuti Besar dapat diunduh disini.
  4. Cuti bersalin, untuk persalinan yang pertama, kedua, ketiga, PNS wanita berhak atas cuti bersalin. Untuk persalinan anaknya yang keempat dan seterusnya, kepada PNS wanita diberikan cuti diluar tanggungan Negara. Formulir permintaan Cuti Besar dapat diunduh disini.
  5. Cuti karena alasan penting, yang dimaskud dengan cuti karena alasan penting adalah cuti karena ibu, bapak, istri/suami, anak, adik, kakak, mertua dan menantu sakit keras atau meningga dunia. Formulir permintaan Cuti Besar dapat diunduh disini.
  6. Cuti diluar tanggungan Negera, PNS yang bekerja sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun secara terus menerus karena alasan-alasan pribadi yang penting dan mendesak dapat diberikan cuti diluar tanggungan Negara. Cuti diluar tanggungan Negara dapat diberikan untuk paling lama 3 (tiga) tahun. Untuk mendapatkan cuti diluar tanggungan Negara, Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan mengajukan permintaan tertulis kepada pejabat yang berwenang memberikan cuti disertai dengan alasan-alasannya. Selama menjalankan cuti diluar tanggungan Negara, Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan tidak berhak menerima penghasilan dari Negara. . Formulir permintaan Cuti diluar tanggungan Negara dapat diunduh disini.

PIC:

  1. Juni Aswati untuk tenaga pendidik (Dosen)
  2. Nurul Qimariah nurul.q@staf.unair.ac.id untuk tenaga kependidikan (Tendik)