Peserta Ujian Dinas Tingkat I dan Penyesuaian Ijazah Jalani Tahap Presentasi dan Wawancara

Peserta Ujian Dinas Tingkat I dan Penyesuaian Ijazah Jalani Tahap Presentasi dan Wawancara

image
By On Rabu, Desember 05 th, 2018 · no Comments · In

Usai selenggarakan ujian tertulis, para peserta Ujian Dinas Tingkat I dan Penyesuaian Ijazah menjalani tahapan tes selanjutnya. Setelah sebelumnya para peserta memperoleh tugas untuk membuat makalah yang berkaitan dengan permasalahan serta solusi di unit kerja masing-masing, pada Selasa (4/12) dan Rabu (5/12) mereka menjalani sesi presentasi dan wawancara.

Adapun penguji dalam tahap presentasi dan wawancara ini adalahTri Suksmono Asum R., S.E., M.Hum. (Kepala Sub Direktorat Kepegawaian), Riza Alifianto K.,S.H.,MTCP. (Kepala Seksi Pengembangan Organisasi), Dwi Sulistiyarini, S.H. (Kepala Seksi Pengembangan SDM), R. Suko Yudho Aridito,S.H. (Kepala Seksi Tenaga Pendidik), dan Hendro Gunarto, S.E. (Kepala Seksi Tenaga Kependidikan). Para penguji yang terbagi dalam dua tim ini kemudian bertugas untuk memberikan masukan pada makalah yang telah ditulis peserta. Selain memberikan masukan, sesi ini juga merupakan wadah berdialog antara para peserta yang merupakan staf dari berbagai unit kerja dengan perwakilan SDM. Pada sesi ini, para peserta bersama perwakilan SDM dapat merumuskan solusi terhadap masalah di masing-masing unit kerja.

Salah satu peserta, Puji Raharjo,S.S. dari Ruang Baca Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengungkapkan bahwa pengadaan ujian presentasi ini dapat memiliki manfaat besar untuk kemajuan universitas.

“Manfaat diadakannya tahapan ini menurut saya sangat besar. Membuat makalah ini kan memang didasari dari permasalahan riil sehari-hari di unit kerja, jadi secara tidak langsung mendorong para staf untuk semakin peka terhadap permasalahan. Tidak berhenti di situ, melalui kegiatan ini para peserta juga kemudian terdorong untuk memikirkan solusi dari permasalahan di masing-masing unit. Solusi yang digagas oleh para staf ini kemudian juga dapat langsung dipertimbangkan oleh pihak universitas kelayakannya.” tutur beliau.

Pada hari pertama ujian presentasi (4/12), peserta yang dijadwalkan untuk menjalani presentasi sejumlah 20 orang. Pengadaan ujian presentasi ini ditujukan untuk pegawai yang memperoleh ijazah yang lebih tinggi dan yang bersankutan telah menduduki pangkat yang sesuai atau lebih tinggi dari jenjang pangkat pertama untuk ijazah yang diperolehnya. Ujian ini merupakan tindak lanjut dari ujian tulis yang sebelumnya diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya Manusia Unair pada tanggal 19 November 2018 sampai 25 November 2018.