Direktorat SDM Jalani Audit Eksternal AIMS

image
By On Kamis, November 15 th, 2018 · no Comments · In

Dilakukannya audit berkala dalam sebuah institusi dinilai penting. Melalui audit, kualitas institusi dapat terpantau serta mendapat usulan yang berguna untuk kemajuannya.

Jumat (9/11) lalu, Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM)  jalani audit eksternal Airlangga Integreted Management System (AIMS). Proses audit yang berlangsung mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan 11.00 WIB ini diselenggarakan di ruang Direktur Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga.

Pada audit eksternal AIMS kemarin, auditor yang bertugas adalah Wisnu Tri Anindita. Auditor yang bertugas meninjau kinerja Direktorat SDM ini sebelumnya melakukan audit di Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Psikologi (FPSi), Pusat Inovasi Pembelajaran dan Sertifikasi (PIPS), Direktorat Sarana dan Prasarana (Dir. Sarpras), Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Lembaga Penyakit Tropis (LPT), dan Badan Pengawas Internal (BPI).

Beliau mengungkapkan bahwa proses audit di Direktorat SDM Unair berjalan dengan lancar. Menurut beliau, lancarnya proses ini juga tidak terlepas dari peran para staf yang koorperatif sehingga menunjang kemudahan proses audit.

Pada audit eksternal AIMS, auditor memiliki dua fokus, yaitu kesesuaian rencana dan proses penerapan program di unit kerja. Dalam pelaksaan audit eksternal kemarin, Wisnu Tri Anindita mengungkapkan bahwa penilaiannya berlandaskan ISO.

“Landasan kami (tim auditor AIMS) adalah Standar ISO 21001 dengan tambahan ISO 9001 2015 sebagai standar perguruan tinggi” tutur Wisnu Tri Anindita.

Auditor yang bertugas dalam audit eksternal AIMS tahun 2018 ini sebelumnya juga telah memantau kinerja Direktorat Sumber Daya Manusia di tahun 2017. Berdasarkan pengamatan beliau, Direktorat SDM telah mengalami banyak perubahan positif, salah satu yang tampak menonjol adalah usaha untuk mengubah sistem berbentuk menjadi berbasis elektronik. Selanjutnya, beliau mengharapkan sistem yang sebelumnya didominasi sistem luar jaringan (Luring) tersebut kemudian dapat diubah menjadi sistem dalam jaringan (Daring).

Adapun perwakilan Direktorat SDM yang mengikuti proses audit eksternal kemarin adalah Dr. Purnawan Basundoro, S.S.,M.Hum (Direktur Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga), Fadli Ama,S.T.,M.T. (Kepala Sub Direktorat Pengembangan SDM dan Organisasi), Tri Suksmono Asum R., S.E., M.Hum. (Kepala Sub Direktorat Kepegawaian), Riza Alifianto K.,S.H.,MTCP. (Kepala Seksi Pengembangan Organisasi), Dwi Sulistiyarini, S.H. (Kepala Seksi Pengembangan SDM), R. Suko Yudho Aridito,S.H. (Kepala Seksi Tenaga Pendidik), dan Hendro Gunarto, S.E. (Kepala Seksi Tenaga Kependidikan)

Audit adalah suatu proses sistematis yang secara objektif memperoleh serta mengevaluasi bukti mengenai kegiatan suatu unit. Setelah sebelumnya menjalani audit internal AIMS, unit kerja di Universitas Airlangga kemudian menjalani audit eksternal AIMS. Audit Eksternal AIMS merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan. Pada periode ini, audit eksternal AIMS berlangsung mulai 5-9 November 2018. Pelaksanaan audit diharapkan dapat menjadi wadah perbaikan guna menunjang kemajuan unit kerja di Universitas Airlangga.