Dukung Peningkatan Kompetensi Dosen Peneliti, Direktorat SDM Selenggarakan Pembinaan Publikasi

Dukung Peningkatan Kompetensi Dosen Peneliti, Direktorat SDM Selenggarakan Pembinaan Publikasi

image
By On Rabu, Oktober 31 st, 2018 · no Comments · In

Dalam rangka tingkatkan kompetensi dosen peneliti, Universitas Airlangga fasilitasi Pembinaan Publikasi untuk Dosen Peneliti Pemula. Pelatihan ini diselenggarakan pada 29 Oktober 2018 di Aula Kahuripan 300 Lantai III Kantor Manajemen Universitas Airlangga. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 ini merupakan program kolaborasi Direktorat Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi Ilmiah (PPJPI) Universitas Airlangga.

Acara ini dibuka oleh Direktur SDM, Dr. Purnawan Basundoro, S.S., M.Hum. Dalam sambutannya, Dr. Purnawan Basundoro, S.S., M.Hum. menyampaikan bahwa menulis artikel ilmiah merupakan suatu kewajiban bagi para Dosen.

“Sebagian besar dosen meletakkan tugas menulis artikel ilmiah (yang kemudian dipublikasikan di jurnal terindeks scopus) di nomor kesekian. Padahal, menulis artikel ilmiah bukan merupakan sunah, melainkan wajib. Tugas ini (mempublikasikan jurnal) termasuk dalam Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus dijalankan oleh para Dosen Universitas Airlangga” tutur Direktur Sumber Daya Manusia.

Pada kegiatan yang mengundang 134 Dosen Peneliti Pemula ini, Direktorat SDM dan PPJPI mengundang tiga pemateri yang kompeten di bidang jurnal dan artikel ilmiah. Adapun ketiga pemateri tersebut adalah Deny Arnos Kwary,S.S.,M.Hum.,Ph.D., Muhammad Miftahussurur, dr.,M.Kes.,Sp.PD.,Ph.D., dan Iman Harymawan,S.E.,MBA.,Ph.D.

Materi pertama disampaikan oleh Deny Arnos Kwary,S.S.,M.Hum.,Ph.D. Beliau menyampaikan dua bagian pembahasan, yaitu Menemukan Topik Riset dan Menulis Judul, Abstrak, serta Pendahuluan. Selanjutnya, materi kedua disampaikan oleh Iman Harymawan,S.E.,MBA.,Ph.D. Sekretaris PPJPI ini memaparkan materi tentang Cara Membaca dan Menulis Jurnal Ilmiah. Terakhir, Muhammad Miftahussurur, dr.,M.Kes.,Sp.PD.,Ph.D., Ketua PPJPI,  menyampaikan materi tentang pemilihan jurnal.

Kegiatan ini merupakan upaya pengembangan karier dosen yang sejalan dengan usaha untuk mencapai target Universitas di bidang penulisan artikel ilmiah. Sebelum kegiatan ini, para dosen peneliti pemula diminta mengikuti Kontrak Publikasi Pemula (KPP) sebagai upaya untuk memacu semangat para dosen mempublikasikan jurnalnya. Selanjutnya, perkembangan para dosen peneliti akan ditinjau kembali dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang direncanakan terlaksana pada Desember 2018.