Kontrak Kinerja Peneliti Pacu Dosen Peneliti Tingkatkan Publikasi Jurnal Ilmiah

Kontrak Kinerja Peneliti Pacu Dosen Peneliti Tingkatkan Publikasi Jurnal Ilmiah

image
By On Jumat, Juni 22 nd, 2018 · no Comments · In

Program kontrak kinerja peneliti telah memberi pengaruh baik untuk Universitas Airlangga. Diselenggarakannya program kontrak kinerja peneliti periode pertama ini telah memperluas wawasan para dosen tentang pentingnya publikasi di jurnal ilmiah.

Program yang resmi dimulai pada 2 Februari 2018 tersebut saat ini telah berjalan lebih dari setengah periode. Pada 31 Mei 2018 lalu, para peserta kontak kinerja peneliti telah melakukan Monitoring  dan Evaluasi (Monev). Setelah diselenggarakannya kegiatan Monev, diketahui semangat para dosen peserta kontrak kinerja peneliti untuk menulis dan mengajukan jurnal ilmiah telah meningkat. Menurut salah satu penggaggas kontrak kinerja peneliti, Prof. Badri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.D., para dosen peneliti ini telah menunjukkan komitmen mereka. Beliau mengungkapkan, publikasi ilmiah tentu membutuhkan proses yang cukup lama. Para dosen peneliti harus bersedia meluangkan waktunya mulai dari pelaksanaan penelitian, pembuatan draf, submit, review, accepted, hingga publikasi, oleh karena itu program ini merupakan pijakan awal untuk mengikat komitmen dan memacu para dosen agar menyadari pentingnya publikasi ilmiah.

Kontrak Kinerja Peneliti merupakan salah satu program Direktorat SDM Universitas Airlangga  yang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Inovasi (LPI), Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi Ilmiah (PPJPI), dan Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP). Tahun ini, kontrak kinerja peneliti diikuti oleh 73 dosen peneliti. Pada periode berikutnya, Prof. Badri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.D. berharap jumlah dosen peneliti yang mengikuti program ini dapat mencapai 150 orang. Beliau mengungkapkan pentingnya program ini tidak hanya untuk mengedukasi para dosen agar terpacu melakukan publikasi jurnal ilmiah saja, namun juga dapat membantu Universitas Airlangga untuk melacak jumlah dosen yang telah melakukan pencapaian selama masa baktinya.