Persiapkan Tendik Menuju Masa Pensiun, Direktorat SDM Adakan Pelatihan Jelang Masa Purnabakti

Persiapkan Tendik Menuju Masa Pensiun, Direktorat SDM Adakan Pelatihan Jelang Masa Purnabakti

image
By On Senin, April 30 th, 2018 · no Comments · In

Direktorat Sumber Daya Manusia kembali menyelenggarakan pelatihan bagi para tenaga pendidikan (tendik) yang akan memasuki masa purnabakti. Pelatihan tendik menuju masa pernabakti ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal 25-27 April 2018 di Yogyakarta. Pelatihan diikuti sejumlah 37 tendik yang akan memasuki masa pensiun pada tahun 2019 mendatang. Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya memberikan motivasi dan semangat berkarya, serta memberikan bekal keterampilan yang dapat digunakan bagi para tendik dalam mengisi waktu luang selepas pensiun.

Pelatihan yang mengusung tema Pelatihan Persiapan Menghadapi Masa Purnabakti ini menitikberatkan pelatihan pada empat aspek yang meliputi finansial, sosial, psikologis, dan kesehatan. Hal ini didasarkan pada pertimbangan kebutuhan para tendik saat meninggalkan rutinitas bekerja yang telah dijalani selama bertahun-tahun.

Bekerja sama dengan Duta Transformasi Insani (DTI) sebagai event organizer, kegiatan diisi dengan pelatihan merencanakan usaha, membangun jiwa entrepreneur, mengelola keuangan keluarga, dan pola hidup sehat di masa pensiun yang sekaligus difasilitasi dengan kesempatan berkonsultasi kesehatan secara langsung dengan dokter. Kegiatan pelatihan menuju masa purnabakti ini juga berwujud kegiatan lapangan yang dilakukan dengan mengunjungi tempat budidaya gurami, simply fresh, dan jejamuran. Kunjungan langsung ini dimaksudkan selain agar para tendik mendapatkan ilmu secara langsung dari ahlinya, dapat juga digunakan sebagai sarana rekreasional yang bermanfaat bagi para tendik dalam memasuki masa hari tua.

“Apresiasi dan penghargaan tertinggi kami sampaikan atas kinerja para tendik yang telah mencurahkan dedikasi dan loyalitasnya dalam upaya turut membangun fondasi Universitas Airlangga agar berdiri kokoh hingga saat ini,” kata Pak Fadli Ama, S.T., M.T., selaku Kepala Subdit Sumber Daya Manusia dan Organisasi Universitas Airlangga.