Dosen Unair adakan Penyuluhan untuk Penguatan Koperasi Nelayan

image
By On Senin, April 23 rd, 2018 · no Comments · In

Dosen tetap Universitas Airlangga adakan penyuluhan bertajuk “Optimalisasi Pemasaran Hasil Tangkapan Nelayan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir” di Dusun Nambangan, Kelurahan Kedung Cowek, Kenjeran, Surabaya Jumat (20/4) lalu. Penyuluhan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh dosen Universitas Airlangga. Pengabdian masyarakat ini merupakan program off-class Diklat Pra-Tugas Dosen tetap Unair setelah sebelumnya diadakan diklat in class pada 3-12 April 2018 di Balai Diklat Provinsi Jawa Timur.

Penyuluhan ini merupakan program aksi inovasi dari kelompok tiga diklat Pra-Tugas. Fokus kelompok ini adalah penguatan koperasi nelayan kenjeran Surabaya. Adapun dosen yang tergabung dalam program penyuluhan ini adalah dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Pada penyuluhan ini, para dosen memberikan materi tentang alternatif pengawetan dan cara penjualan produk dengan sistem daring. Alternatif pengawetan yang ditawarkan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti selada dan kubis. Selanjutnya, para dosen pun mengusulkan penjualan produk koperasi bahari Kenjeran dengan sistem daring melalui buka lapak.

Peserta yang mengikuti penyuluhan ini adalah ibu-ibu nelayan Dusun Nambangan. Kurang lebih 25 ibu nelayan dengan antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh dosen Unair. Salah satu peserta, Rosita, mengungkapkan bahwa acara seperti ini dapat membantu ibu nelayan untuk memperoleh pengetahuan baru dalam upaya pengembangan usahanya.

Diklat Pra-Tugas ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru bagi para dosen Unair. Selain itu, melalui kegiatan ini dosen Unair juga mampu menunjukkan kontribusi nyata dalam implementasi ilmu kepada masyarakat.