Bekali Dosen Tetap Unair, Direktorat SDM adakan Diklat Pra-Tugas

image
By On Selasa, April 10 th, 2018 · no Comments · In

Direktorat Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga (Unair) adakan Diklat Pra-Tugas untuk Dosen Tetap Unair. Diklat yang dimulai Selasa (3/4/2018 ) ini diadakan di Balai Diklat Provinsi Jawa Timur yang terletak di Jalan Kawi no. 41 Malang.

Peserta yang mengikuti diklat ini adalah dosen tetap Unair yang telah melalui proses rekrutmen serta memenuhi kualifikasi. Adapun kualifikasi tersebut antara lain, telah mengajukan penilaian atas kinerja dari diri sendiri, rekan kerja, pimpinan, dan mahasiswa. Selain itu, peserta diklat juga merupakan dosen Unair yang telah menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada Masyarakat.

Sistem Diklat Pra-Tugas untuk Dosen Tetap Unair adalah on-off class, yaitu diklat 15 hari di dalam kelas diikuti dengan 15 hari di luar kelas. Pada diklat ini, para peserta memperoleh berbagai materi, antara lain materi seputar akuntabilitas, wawasan kebangsaan dan nasionalisme, kesiapsiagaan, etika publik, komitmen mutu, anti korupsi, muatan teknis substansi lembaga, dan pelayanan publik.

Secara garis besar, para dosen yang menjadi peserta mempunyai dua tugas utama dalam Diklat Pra-Tugas 2018 ini. Pertama adalah tugas individu, yaitu terkait dengan konsep pembelajaran, pengabdian, dan pengayaan wawasan yang dituangkan ke dalam sebuah proposal. Kedua adalah tugas kelompok, yaitu rencana aksi inovasi yang merupakan bentuk upaya implementasi langsung buah pemikiran para dosen Unair dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Selama diklat tersebut, para peserta akan dinilai oleh perwakilan badan diklat dan Universitas Airlangga untuk menentukan layak-tidaknya kelulusan dosen tetap Unair tersebut. Sertifikasi diklat kemudian dapat diberikan kepada peserta yang dinyatakan lulus. Selanjutnya, SK 100  persen diproses oleh Sub Direktorat Kepegawaian sehingga para dosen tetap Unair dapat  memperoleh haknya secara penuh.

Menurut salah satu peserta, Viqi Ardaniah, M. A. Linguistics, “Materi yang diberikan dalam diklat ini dirasa sangat bermanfaat. Melalui diklat ini, kami belajar tentang komunikasi serta dapat melakukan persiapan inovasi pembelajaran ketika kembali ke kampus”

Diklat Pra-Tugas in class yang diadakan di Badan Diklat Provinsi Jawa Timur ini berakhir pada kamis (12/ 4/ 2018). Peserta diklat yang berjumlah 41 orang kemudian akan melakukan diklat off-class. Terakhir, Dilat Pra-Tugas Dosen Tetap Unair ini akan ditutup dengan Seminar Rencana Aksi Inovasi pada 25 April 2018.