Dosen Peneliti sebagai Contoh Reformasi di Universitas Airlangga

image
By On Senin, Februari 05 th, 2018 · no Comments · In

Jumat (2/2/2018) lalu dosen peneliti yang mendaftar kontrak kinerja peneliti telah menjalani prosesi penandatangan kontrak. Program yang kali pertama ditawarkan tahun 2018 ini mendapat antusiasme yang cukup tinggi dari dosen Universitas Airlangga. Hingga berita ini ditulis, sebanyak 73 dosen telah terdaftar untuk mengikuti program kontrak kinerja peneliti.

Salah satu dosen yang memutuskan untuk tergabung dalam kontrak kinerja peneliti adalah Rr. Asti Meizarini (drg., MS.). Dosen Fakultas Kedokteran Gigi ini mengungkapkan bahwa program kontrak kinerja peneliti sangat baik untuk mendorong kenaikan jumlah jurnal scopus yang ditulis oleh dosen Universitas Airlangga. Selain itu, program ini juga baik karena dapat digunakan sebagai sarana apresiasi kepada para dosen yang telah melakukan penelitian.

Dalam prosesi penandatangan kontrak kinerja peneliti, Prof. Dr. Moh Nasih, S.E., M.T., Ak., CM.A,CA. mengungkapkan bahwa beliau sangat menghargai para dosen yang bersedia untuk mengikuti program kontrak kinerja peneliti ini.

“Bapak Ibu adalah contoh reformasi yang baru di Universitas Airlangga.” tutur Rektor Universitas Airlangga tersebut.

Program ini merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan target Universitas Airlangga sebagai Universitas yang masuk ke dalam peringkat 500 dunia. Adanya program ini memiliki beberapa tujuan yang diharapkan akan terlampaui secara bertahap. Tujuan pertama adalah sebagai upaya membangun atmosfer yang mampu menyadarkan para dosen Universitas Airlangga pada pentingnya penelitian. Kedua, program ini diharapkan mampu meningkatkan sosio-penelitian, yaitu menambah banyaknya kerjasama penelitian yang juga dapat menambah nilai dari penelitian tersebut. Setelah kedua tahap ini dilalui, target selanjutnya adalah meningkatkan kualitas tulisan civitas akademika Universitas Airlangga sehingga dapat meningkatkan jumlah tulisan yang disitasi. Tidak hanya berhenti di situ, berikutnya, hasil tulisan civitas akademika Universitas Airlangga kemudian diharapkan dapat direalisasikan ke dalam tujuan yang telah dituliskan serta memperoleh paten. Terakhir, produk yang merupakan realisasi tulisan ini diharapkan turut menunjang kenaikan jumlah ekspor yang produk Indonesia ke luar negeri.