Training of Trainers: Roles of Administration Staff in Internationalizing Higher Education Institution

Training of Trainers: Roles of Administration Staff in Internationalizing Higher Education Institution

image
By On Senin, Desember 18 th, 2017 · no Comments · In

Direktorat SDM Universitas Airlangga mengadakan program magang di Management & Science University (MSU) Malaysia sebagai upaya pengembangan karier Tendik . Program yang juga merupakan bentuk apresiasi pada kinerja Tendik ini dinamai Training of Trainers: Roles of Administration Staff in Internationalizing Higher Education Institution. Peserta training berangkat ke Malaysia pada tanggal 3 Desember 2017, selanjutnya kegiatan inti dimulai pada 4 Desember dan berakhir pada 7 Desember 2017.

Di MSU, para peserta mengikuti materi dengan sistem kelas dan tur.  Di sana, salah satu materi yang diperoleh oleh para peserta adalah tata pengelolaan Universitas. Pada materi ini, top manager MSU menjelaskan tentang kebijakan Universitas, mahasiswa MSU, dan pengelolaan staf MSU. Selanjutnya, para peserta juga diajak untuk tur keliling MSU agar dapat mengenal lingkungan universitas tersebut.

Sebelum mengikuti kegiatan selama empat hari di Malaysia, para peserta kegiatan ini telah diseleksi terlebih dahulu. Ada dua tahap yang harus dilalui calon peserta, yaitu seleksi tahap administrasi dan seleksi tahap wawancara. Selanjutnya, terpilih 12 peserta yang ditunjuk untuk mengikuti program Training of Trainers: Roles of Administration Staff in Internationalizing Higher Education Institution.

Program ini diharapkan mampu membangun budaya kerja yang lebih baik di lingkungan Universitas Airlangga (Unair). Selain itu, pengalaman ke luar negeri yang dilalui para Tendik Unair terpilih ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kinerja serta memberikan suasana kerja baru bagi mereka.

Salah satu peserta Training of Trainers: Roles of Administration Staff in Internationalizing Higher Education Institution, Novita Dwi Anawati dari unit Perpustakaan Unair, mengungkapkan bahwa beliau telah memperoleh pengalaman berharga serta pengetahuan baru setelah mengikuti program ini. Salah satunya adalah pengetahuan tentang budaya kerja di MSU.

“MSU menanamkan pada setiap staf untuk memiliki target kerja dan para staf pun berusaha untuk bekerja melampaui targetnya (beyond expectation)” tutur Novita, “selain itu, semua program yang ada di unit maupun fakultas di MSU terintegerasi dalam suatu sistem sehingga hal ini dapat memudahkan seluruh civitas akademika MSU. Tidak hanya itu, seluruh civitas akademika MSU mulai unit, pengajar, maupun fakultas saling mendukung kegiatan satu dengan lainnya, sehingga semua program MSU dapat terpublikasi dengan baik”.

Selanjutnya, para peserta program ini diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil kegiatannya. Tahun ini merupakan tahun pertama pengadaan program Training of Trainers: Roles of Administration Staff in Internationalizing Higher Education Institution. Program tahun ini akan menjadi pembelajaran agar program tahun depan dapat berjalan dengan sistem yang lebih baik. Laporan yang dibuat oleh peserta juga dapat digunakan sebagai media untuk menyosialisasikan pengalaman yang diperoleh para peserta selama di MSU kepada Tendik lain yang belum berkesempatan untuk mengikutinya.