Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Unair

image
By On Kamis, November 16 th, 2017 · no Comments · In

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Unair telah melaksanakan tes wawancara dan praktik mengajar (16/11). Prosesi yang dimulai pukul 08.30 dilaksanakan di lantai 1 gedung Airlangga Convention Center (ACC) Universitas Airlangga.

Peserta tes CPNS pada hari ini (16/11) merupakan peserta yang lolos untuk mengikut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sebelumnya, sejumlah 83 orang yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)  kemudian disaring hingga tersisa 21 orang yang dapat mengikuti SKB.

Seleksi CPNS pada tahap ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Wawancara, dan Praktik Mengajar. Sebelumnya, Rabu (15/11) telah dilaksanakan Tes Potensi Akademik untuk CPNS di lingkungan Unair. Berikutnya kamis (16/11), peserta tersebut mengikuti tes wawancara dan praktik mengajar.

Perwakilan dari Kemenristekdikti yang bertugas meninjau Seleksi Kompetensi Bidang CPNS di Lingkungan Unair, Asy Syifa, mengungkapkan proses pelaksanaan tes ini berlangsung lancar. Pada tahap ini, peserta CPNS melakukan proses wawancara di hadapan perwakilan Fakultas yang mereka lamar. Para pewawancara ini dihadirkan agar dapat mengukur kemampuan CPNS sehingga PNS yang diterima merupakan orang pilihan yang cakap di bidangnya. Setelah melakukan tes wawancara, para peserta diminta untuk praktik mengajar. Materi yang dipresentasikan pun sesuai dengan kompetensi masing-masing peserta.

Pada tes ini, para CPNS diminta untuk menyiapkan materi dalam bentuk PPT maksimal 3 slide yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan. Pada proses pelaksaan tes wawancara dan praktik mengajar, panitia telah menyiapkan LCD dan komputer jinjing sehingga peserta hanya perlu membawa flashdisk berisi presentasi yang akan dikemukakan di hadapan pewawancara.

Terdapat berbagai fakultas yang terlibat dalam rekrutmen CPNS 2017 di lingkungan Unair. Fakultas tersebut meliputi Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Keperawatan (FKp), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), dan Fakultas Vokasi.Perwakilan Fakultas ini sebelumnya telah dibekali saat menghadiri Technical Meeting (TM) guna kelancaran proses rekrutmen PNS di lingkungan Unair.